Kaji Pendidikan Masa Pandemi, Mahasiswa UMM Sabet Juara Kompetisi Opini

Indonewsdaily.com, Malang – Even menulis tingkat nasional ini diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasisiwa (BEM) UMM. Dalam acara University Opinion Writing Competition, yang diselenggarakan secara daring Mei 2021 lalu. Aldi Bintang Hanafiah, mahasiswa Prodi Ekonomi Syari’ah UMM ini berhasil meraih juara ke-2 pada kompetisi tersebut.

Judul karya Aldi “Pendidikan Era Pandemi: Melangkah di Tengah Krisis”. Tulisannya membahas tentang gambaran pendidikan Indonesia dan dunia yang umumnya berdampak pada anak-anak.

Dilansir dari UNESCO, terdapat 1,5 miliar anak-anak yang harus mengikuti pendidikan secara daring. Sedangkan di Indonesia ada sekitar 60 juta anak yang terdampak. Ia juga memberikan kritik atas kurangnya pemerataan fasilitas pendidikan di tanah air.

Lebih lanjut, Aldi menuturkan bahwa pendidikan daring menghasilkan lulusan atau pendidikan yang berbeda dengan pendidikan luring sebelum pandemi.

Maka perlu adanya evaluasi efektivitas pembelajaran daring yang telah dan sedang dilakukan. Dia juga mengajak masyarakat serta pemerintah bersama-sama memenuhi kebutuhan akses media dan juga jaringan yang dibutuhkan untuk memperoleh pendidikan.

Dalam opininya, ia memberikan tiga solusi, pertama, pembangunan akses media yang merata mengingat situasi pandemi masih belum ada jalan terang. Kedua, peran guru harus memiliki kompetensi literasi, khususnya dalam dunia digital. Terakhir, lembaga pendidikan juga dituntut untuk membuat kurikulum yang interaktif dan inovatif serta dapat menumbuhkan perkembangan peserta didik.

“Tiga solusi tersebut saya tawarkan agar pendidikan Indonesia tidak Stuck dan berhenti pada kebijakan pendidikan online saja,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *