Kandang Bibit Ayam Negeri Telekung Ludes Terbakar

Indonewsdaily.com, Malang- Kebakaran hebat melanda kandang pembibitan ayam negeri di jalan Sumberejo, Desa Telekung milik H Zainuri ( 52,) warga Desa Kademangan, Kecamatan Pagelaran Kab Malang, Jumat ( 20/8/2021).

Kebakaran diketahui sudah terjadi sejak pukul 20.45 WIB, Kamis ( 19/8) malam hingga berlangsung pukul 03.00 wib Jumat dini hari tadi.

Kasi PK Bidang PPK Satpol PP Kabupaten Malang, Agus ‘Ambon’ Suyanto mengatakan ,
Kami menerima laporan kebakaran sekitar pukul 21.00 WIB.

“Pelapor atas nama Ibu Nia, mengabarkan bahwa ada kandang ayam di desa Telekung terbakar. Kebakarannya sangat besar dan luas,” ujar Ambon.

Mendapatkan laporan , langsung 6 unit mobil damkar kami lunncurkan bersama 10 personil relawan serta satu unit ambulan dari J 99 regu untuk membantu melakukan pembasahan di kandang Bibit ayam negeri milik H Zainuri.

“Setiba dilokasi terdengar 2 kali suara ledakan yang diduga berasal dari suara heater ( pemanas ) yang berada diareal kandang,” tegas Ambon pada awak media , Jumat ( 20/8/2021).

Sehingga, api tampak sudah mulai melalap setiap sudut kandang, yang semuanya berbahan kayu dan ukuran kandang tersebut terhitung sangat luas serta ada puluhan ribu bibit ayam di antara kebakaran tersebut.

Dari pantauan petugas Damkar, yang tersisa dari bangunan kandang setelah kebakaran adalah pilar-pilar beton dan hampir semua bahan mudah terbakar sudah hangus karena api yang menjalar.

Akibat kebakaran didesa Telekung , Kecamatan Gedangan , Kabupaten Malang ini membuat pemilik pabrik tersebut mungkin bakal jambak rambut akibat rugi besar.

“Hasil estimasi dengan korban pemilik kandang ternak ayam, kerugian kami perkirakan mencapai Rp 350 juta,” ujar Kasi PK Bidang PPK Satpol PP Kabupaten Malang, Agus ‘Ambon’ Suyanto.

Ambon menyebut, pemadaman baru bisa tuntas jelang salat subuh, Jumat. “Kami baru bisa menuntaskan pemadaman, termasuk pembasahan lokasi, sekitar pukul 03.00 WIB,” ringkasnya.

Untuk penyebab kebakaran menurut para saksi ( penjaga ) kandang ayam negeri bersumber dari pemanas kandang.

” Menurut keterangan saksi penyebab kebakaran diduga berawal dari pemanas / hetter kandang,” tutupnya. ( Agus )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *