Manis dan Menyegarkan, Ini 5 Manfaat Semangka untuk Kesehatan Tubuh

Indonewsdaily.com- Semangka ternyata tak cuma sekedar buah yang memiliki rasa manis dan menyegarkan, semangka merupakan buah yang mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin vitamin C, vitamin A, vitamin B, kalium, dan antioksidan.

Semangka juga merupakan buah yang tergolong memiliki sedikit kalori, dalam satu gelas semangka, Anda hanya mendapat 45 kalori. Angka tersebut menunjukkan bahwa semangka cocok dimasukkan dalam menu diet. Selain itu, tentu saja masih banyak manfaat lain yang dimiliki semangka.

Berikut lima manfaat semangka untuk kesehatan tubuh :

  1. Menjaga Sistem Pencernaan
    Anda bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan mengonsumsi semangka secara rutin. Kandungan serat dalam semangka mampu menjaga fungsi usus dan menstimulasi pertumbuhan bakteri baik dalam usus.
  2. Menjaga Kesehatan Kulit
    Jika sedang mencari cara menjaga kesehatan kulit secara alami, tak ada salahnya untuk menjatuhkan pilihan pada semangka. Seperti yang sudah dikatakan, semangka mengandung vitamin C dan vitamin A.

Jenis vitamin itu berpengaruh pada kondisi kesehatan kulit Anda. Tidak berhenti sampai di situ, semangka juga mengandung likopen. Likopen adalah salah satu jenis antioksidan yang berguna untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

  1. Meredakan Nyeri Otot
    Tahukah Anda bahwa semangka berguna untuk meredakan nyeri otot? Melansir Health, nyeri otot yang dialami atlet berkurang setelah mengonsumsi 16 ons jus semangka satu jam sebelum latihan. Hal itu menunjukkan bahwa mengonsumsi semangka dapat menghindarkan Anda dari nyeri otot yang lebih parah.
  2. Menghindarkan Tubuh dari Dehidrasi
    Ada banyak masalah yang muncul saat tubuh dehidrasi. Misalnya, kulit menjadi kering, konsentrasi turun, dan lain-lain. Selain minum banyak air putih, Anda bisa mengonsumsi semangka secara rutin untuk menghindari dehidrasi.
  3. Menurunkan Tekanan Darah
    Manfaat semangka selanjutnya cocok digunakan oleh penderita hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi. Salah satu senyawa alami yang dimiliki semangka mampu mengendurkan pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lebih lancar dan tekanan darah menjadi lebih terkontrol.

Nah sudah tau kan apa saja manfaat semangka untuk kesehatan tubuh, luar biasa bukan manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *