Muslim Archery Nabire Satukan Persatuan antar Pemanah

Papua283 Views

Indonewsdaily.com, Nabire – Komunitas Pemanah Nabire yang menamakan dirinya MAN (Muslim Archery Nabire) mengadakan latihan bersama (latber) panahan di taman wisata Menase Beach.

Wakil Ketua Panitia Musab, ST mengatakan bahwa, latber panahan diinisiasi Udin Mardin dengan tujuan untuk mempersatukan dan mempererat tali persaudaraan antar pecinta olahraga panahan di Kabupaten Nabire.

“Event ini diselenggarakan oleh MAN atas inisiasi pak Udin Mardin selaku pemerhati olah raga panahan,” katanya, Sabtu (3/7/21).

Diterangkannya meskipun sifatnya latber, namun event ini digelar menyerupai turnamen dengan peserta individual maupun beregu dengan mempertemukan antar klub dan perorangan.

“Latber panahan kami gelar selama dua hari yakni Sabtu dan Minggu (3- 4 Juli) menandingkan 2 kelas, yaitu Horsebow dan Recurve dengan 7 kategori,” jelasnya.

Event bertajuk Tour The Menase Beach itu digelar dengan 7 kategori, seperti individu horsebow dewasa pria /wanita, horsebow anak- anak (L/P), Beregu horsebow dan Individu recurve.

Disinggung sasaran atau target yang bisa dicapai dari diadakannya latber panahan itu, Musab mengatakan disamping untuk mempersatukan Pemanah di Nabire, panitia penyelenggara berharap akan ditemukannya bibit – bibit baru yang bisa berkompetisi di ajang nasional maupun internasional.

“Pemanah – pemanah asal Nabire banyak yang bisa diandalkan mereke bisa bersaing dengan pemanah dari daerah lain di seluruh Indonesia. Nabire memiliki Muhammad Hatta dan lainnya yang pernah menjuarai horsebow tingkat nasional,” imbuhnya.

Ada 20 atlet panahan dari Nabire berhasil lolos di 50 besar dari 550 peserta ajang panahan se – Indonesia, pesertanya ada pula yang berasal dari Turki dan Malaysia. “Bahkan atlet kita atas nama Muhammad Hatta lolos di 17 besar yang sekarang masih berproses dan mengikuti perbaikan nilai di tanggal 18 – 30 Juli mendatang,” pungkas Musab.

Dihubungi di tempat yang sama pembina olahraga panahan Salmon Pigai secara antusias memberi dukungan penuh latber panahan yang digelar MAN.

“Menurut ajaran Islam olahraga panahan ini adalah ibadah secara pribadi saya mendukung penuh adanya even ini. Meskipun kita berada di tengah pandemi yang masih berlangsung di Nabire masih ada sebuah kegiatan berfaedah yang bisa mereda rasa stres dan tegang,” tandas Salmon.

Diakui Ketua Komusi C DPRD Kabuoaten Nabire, wabah Covid – 19 yang belum juga mereda sehingga berimbas dengan pembatasan waktu dan aktivitas, sedikit banyak memberikan pengaruh fsikokogis.

“Saya harap latber ini bisa sedikit mengobati kejenuhan dan memberikan gairah kepada kita untuk tetap semangat dengan menjaga kesehatan melalui olahraga dan mematuhi prokes,” katanya. (Kur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *