Penting! Ini 5 Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil agar Bayi Sehat

Indonewsdaily.com- Saat sedang hamil, seorang wanita pasti memiliki banyak pantangan, hal itu semata-mata untuk kesehatan ibu dan bayinya. Tak hanya pantangan secara fisik, dan psikologis, namun juga makanan yang dikonsumsi.

Banyak sekali makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil karena dinilai dapat mengancam kesehatan sang jabang bayi. Namun, tak banyak orang yang tau makanan apa yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.

Berikut 5 makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil sebagaimana dikutip dari magforwoman :

  1. Telur mentah atau setengah matang
    Telur mentah atau setengah matang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil, hal itu dikarenakan telur yang belum dimasak mengandung bakteri salmonella. Bakteri tersebut dapat menyebabkan kr, mual, diare, demam, hingga keguguran (dalam kasus yang parah)
  2. Keju lembut atau keju semi lunak
    Biasanya keju yang dingin dan lembut juga menempati urutan teratas dalam daftar makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil. Namun Anda mungkin menyerah pada godaan keju jika keju dimasak dengan matang. Jangan lupa disantap selagi hangat ya.
  3. Sisa makanan atau makanan dalam kemasan
    Pernahkah mendengar tentang bakteri yang disebut Listeria? Jika tidak, Anda lebih baik tahu bahwa itu menyebabkan penyakit yang disebut Listeriosis.

Untuk wanita hamil, itu dapat menyebabkan gejala seperti flu. Tetapi jika Listeria ditularkan ke bayi yang belum lahir, itu dapat menyebabkan persalinan prematur atau bahkan keguguran. Makanan sisa dan makanan kemasan harus benar-benar dihindari karena itu bisa saja mengandung Listeria jika tidak disimpan dengan benar.

  1. Daging setengah matang atau mentah
    Tak hanya telur, daging mentah atau setengah matang juga sebaiknya dihindari, karena pada daging yang belum dimasak juga terkandung bakteri salmonella, dan toxomoplasis. Selama kehamilan, Toxomoplasis dapat menyebabkan kerusakan otak pada janin.
  2. Hindari jenis ikan tertentu
    Ikan memang mengandung banyak vitamin dan nutrisi bagi ibu hamil, namun tidak semua ikan mengandung vitamin dan nutrisi yang baik untuk ibu hamil. Sejumlah jenis ikan harus di hindari karena daapt menghambat perkembangan janin, diantaranya ada ikan lele, swordfish, broadbill, sea perch, southern blue fin tuna dan deep sea perch.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *