Prodi Komunikasi UMM Raih Sertifikasi Internasional AUN-QA

Indonewsdaily.com, Malang – Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memasuki babak baru dalam memperoleh pengakuan internasional. Prodi yang berdiri tahun 1986 ini berhasil menjadi Prodi Komunikasi kampus swasta pertama yang meraih ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA) pada Selasa (25/5). Hal ini menjadi bukti bahwa komunikasi UMM telah mengukuhkan diri sebagai salah satu prodi yang tersertifikasi secara internasional.

Rektor UMM, Dr. Fauzan, M.Pd mengatakan pengakuan internasional merupakan keniscayaan bagi UMM yang ingin melangkah lebih jauh untuk menjadi kampus yang memiliki jangkauan luas. Kampus putih ini sejak awal mendedikasikan diri sebagai persembahan dari Muhammadiyah untuk bangsa. Ia berharap, melalui AUN QA ini prodi-prodi di UMM diharapkan akan mempersembahkan prestasinya dan lebih percaya diri untuk berperan di tingkat internasional.

Ketua Prodi Komunikasi UMM, Himawan Sutanto, optimis pihaknya dapat melalui semua proses ini dengan baik. Selain karena persiapan telah dilakukan secara maksimal, juga karena dukungan berbagai pihak di tingkat universitas, fakultas, maupun unit-unit terkait. Melalui pengalaman akreditasi dari BAN PT yang memberikan peringkat A tiga kali berturut-turut pada Komunikasi UMM membuat mereka yakin dapat memperoleh AUN QA ini dengan lancar.

Adapun AUN QA akan menjadi batu loncatan bagi Komunikasi UMM untuk mengembangkan prodinya ke tingkat internasional. Ke depan, kata Himawan, pihaknya juga akan membuka kelas internasional dengan menggandeng mitra-mitra strategis baik kalangan universitas di luar negeri maupun dengan lembaga-lembaga lain.

Wakil Rektor I UMM, Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Si membenarkan bahwa AUN QA akan dijadikan salah satu dasar kebijakan universitas untuk membuka kelas internasional. Nantinya bukan hanya kelas berbahasa Inggris, kelas internasional juga harus benar-benar memiliki jaringan luas secara internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *