Papua  

Rekomendasi Bawaslu, Hari Ini Warga di Dua Kelurahan Kembali Gelar PSU

Indonewsdaily.com, Nabire – Warga di 2 kelurahan di Distrik Nabire Kabupaten Nabire kembali menggelar Pemungutan Suara Ulang untuk kedua kalinya setelah melakukan PSU Rabu, (27/7/ 2021) lalu.

Ada 2 TPS yang kembali melaksanakan PSU Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Nabire, yakni TPS 25 di Kelurahan Siriwini dan TPS 16 Kelurahan Karang Mulia (Karmul).

“Iya mas saya baru saja nyoblos lagi di TPS saya di TPS 16, “ucap Adri seorang warga Kelurahan Karmul, Sabtu (31/7/21). Ia tidak begitu paham mengapa ada PSU diatas PSU.

Terulangnya PSU di dua TPS dua kelurahan Distrik Nabire itu atas rekomendasi Bawaslu Nabire kepada pihak penyelenggara PSU (KPU Nabire). Bawaslu merekomendasikan supaya digelar ulang PSU di 2 TPS.

Sontak saja hal ini mengagetkan Paslon nomor urut 2 Mesi (Mesak Magai-Ismail Jamaluddin). Mesak yang menerima undangan Kapolres Nabire saat mediasi yang digelar di Mapolres dengan pihaknya.

“Kami menolak diadakannya PSU 2 di TPS 25 Siriwini dan TPS 16 Karmul, kami sampaikan pesan ini ke KPU melalui Kapolres Nabire, “tandasnya.

Sementara itu Kapolres Nabire Kariawan Barus, mengatakan pihak Polres Nabire merupakan tim pengaman dalam PSU yang diberi kewenangan menjaga kamtibmas selama PSU berlansung hingga sidang pleno KPU.

“Kami ditugasi sebagai pengaman, disini sudah jelas peran kami. Pihak penyelnggara dipegang KPU Nabire dan Bawaslu sebagai pengawas, “terang Kariawan.

Barus mewanti-wanti paslon nomor urut 2 untuk tetap menjaga kamtibmas ditengah-tengah masih berlangsungnya pesta demokrasi.

“Tolong jaga kamtibmas kita masih berada di tengah-tengah PSU. Mungkin saja umur saya sama, namun saya dipercaya dan ditugaskan Tuhan sebagai “orang tua” yang mengayomi warga Nabire, “imbuhnya.

Seperti diketahui dar informasi form C6, data masuk dari 128 TPS per 29 Juli 2021 (sore) Pasangang nomor urut 1 Mesak Magai-Ismail Jamaluddin (MESI) memimpin perolehan suara terbanyak, yakni 12.399 suara (42 %) paslon no 2 Yuvina Mote-Muhammad Darwis (Yudha) 8.944 suara dan pasllon nomor urut 3 Fransiskus Mote-Tabroni Cahya (Frans-Bro) 7.376 suara. (Kur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *