Siap-siap Kebijakan Ganjil-Genap akan Diterapkan di Kota Malang

Indonewsdaily.com, Malang- Sebagian wilayah Kota Malang akan dilakukan kebijakan ganjil-genap yang akan diterapkan dibeberapa jalan. Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto menjelaskan, penerapan ganjil genap ini nantinya akan menggantikan penyekatan di perbatasan Kota Malang.

Bahkan kebijakan ganjil-genap ini lebih efektif untuk membatasi kegiatan masyarakat di jalanan berdasarkan Google Activity yang jadi acuan penilaian mobilitas masyarakat saat PPKM berlangsung.

“Saya melihat urgensinya anggota berada lagi di lapangan melakukan penyekatan ini kan rentan juga membawa atau menularkan ke orang lain. Jadi ganjil-genap ini bisa membatasi di wilayah tertentu,” kata Buher, sapaan akrabnya di Mapolresta Malang Kota, Selasa (31/8/2021).

Buher menambahkan, peraturan ganjil-genap ini belum ditentukan titik mana di jalan Kota Malang yang akan diterapkan. “Kami akan lakukan rapat koordinasi dulu untuk menerapkan ini,” tutur dia.

Terpisah, Kasatlantas Polresta Malang Kota, AKP Yoppy Anggi Krishna akan segera melakukan koordinasi dengan Dirlantas Polda Jatim untuk membahas rencana penerapan kebijakan Ganji-Genap di Kota Malang.

“Karena kami butuh rekomendasi dari Dirlantas Polda Jatim karena harus dikeluarkan berupa Perwali. Kalau ada surat edaran saja anggota nanti capek,” imbuhnya.

Pentingnya Perwali Kota Malang itu, lanjut Yoppy, bisa membantu anggota Satlantas agar lebih tegas saat menerapkan ganjil genap. “Nanti kalau hanya surat edaran anggota malah capek lagi mengembalikan kendaraan. Kalau ada surat Perwali kita bisa lakukan penindakan,” ujarnya.

Sementara untuk titiknya, Yoppy mengatakan, kebijakan Ganjil-Genap itu akan diterapkan di sejumlah jalan protokol di Kota Malang. Contohnya adalah Jalan Soekarno-Hatta Kota Malang. “Ya jalan protokol kami lihat dari Google Trafic mana yang mobilitasnya tinggi,” tutur dia.

Untuk penerapan awalnya nanti, Yoppy menjelaskan, akan diterapkan hanya untuk kendaraan roda empat terlebih dahulu. “Ya nanti penerapannya seperti Ganjil-Genap yang di Jakarta. Kami lakukan untuk roda empat dulu,” tutup dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *