Sisi Gelap Serial Squid Game Munculkan Trauma Gelap Masa Lalu

Indonewsdaily.com – Jika kamu sudah menyaksikan serial Squid Game di Netflix, kamu pasti telah melihat tentang gambaran kehidupan orang dewasa di Korea Selatan yang berat. Rupanya terdapat sebagian orang yang merasa terkait dengan karakter-karakter yang ada dalam serial Squid Game. Ada pula yang merasa bahwa gambarannya terlalu nyata sehingga mampu memantik trauma di masa lalu.

Lee Chang Keun adalah seorang mantan pegawai pabrik otomotif Ssangyong Motors, dirinya mengatakan bahwa Squid Game mengingatkannya terhadap rekan-rekannya yang telah meninggal dunia. Ada tahun 2009, Ssangyong Motors mengalami kesulitan finansial hingga depresi. Perusahaan tersebut terpaksa harus melakukan PHK terhadap 2600 pegawainya, termasuk Lee Chang Keun, yang kemudian dinyatakan bangkrut.

Karena kejadian ini, Lee Chang Keun beserta rekan-rekannya yang jadi korban PHK pum mengalami kesulitan hidup. Seperti halnya yang ditunjukkan dalam serial Squid Game, tidak sedikit dari mereka yang terlunta-lunta untuk mencari pekerjaan, bekerja serabutan seperti yang dikisahkan pada karakter utama, mencoba bisnis jualan ayam goreng tetapi gagal, hingga berujung pergi ke lokasi judi.

“Terdapat banyak karakter yang berusaha untuk bertahan hidup usai dipecat dari pekerjaan mereka. Semua itu mengingatkan aku terhadap rekan-rekan kerjaku yang telah meninggal dunia,” kata Lee Chang Keun seperti yang dikutip dari South China Morning Post.

Setelah di-PHK dari perusahaan, rekan-rekan kerjanya dikatakan sulit untuk menemukan pekerjaan baru di perusahaan lain. Karena perusahaan otomotif telah memasukkan nama mereka ke dalam daftar hitam lantaran dianggap sebagai aktivis buruh militan.

Menurut Lee Chang Keun, terdapat banyak adegan dalam serial Squid Game yang agak sulit baginya untuk disaksikan karena trauma masa lalu tersebut. Orang-orang yang tengah terlilit utang dan berusaha untuk melakukan apa saja demi uang. Tapu pada saat telah tiba di penghujung usaha mereka, tidak sedikit dari teman-teman Lee Chang Keun yang berujung melakukan bunuh diri.

Mengutip laporan dari riset Korea University pada tahun 2016, setidaknya terdapat 28 orang yang di-PHK dari Ssangyong Motors memutuskan untuk melakukan bunuh diri. Mereka juga diketahui mengalami masalah kesehatan yang serius, termasuk PTSD (post-traumatic stress disorder).

Squid Game saat ini resmi jadi serial terlaris Netflix di seluruh dunia dengan total lebih dari 111 juta penonton secara global. Sejak ditayangkan pada 17 September 2021 lalu, serial Squid Game telah sukses mencuri perhatian di Brasil, Prancis, India, hingga Turki. Serial tersebut bahkan menduduki posisi pertama di 10 Besar Tayangan Terfavorit Netflix pada 94 negara.

Bahkan di Amerika Serikat sendiri, serial Squid Game sukses merajai chart tersebut selama 21 hari berturut-turut. Sebelumnya, rekor serial paling populer dipegang oleh Bridgerton. Serial yang menampilkan kisah tentang perjodohan kaum aristokrat tersebut telah ditonton oleh 82 juta subscriber Netflix di seluruh dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *