Stop! Suka Begadang dan Tidur Pagi, Ini Bahanyanya untuk Kesehatan

Indonewsdaily.com- Aktivitas begadang memang bisa menjadi rutinitas sebagian orang. Entah akibat pekerjaan atau memang disengaja begadang dan memilih tidur di pagi hari. Perlu diketahui bahwa tidur di pagi hari adalah salah satu kebiasaan yang tidak baik, jika dilakukan terus-menerus maka anda dapat beresiko menderita penyakit berbahaya, bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Berikut bahaya tidur pagi bagi kesehatan :

1. Diabetes
Menurut sebuah penelitian, tidur di pagi hari atau terlalu banyak tidur dapat meningkatkan risiko diabetes pada tubuhmu. Hal itu dikarenakan terjadi resistensi insulin di tubuh, sehingga kadar gula darah akan cenderung meningkat pada orang yang tidurnya bermasalah.

Tak hanya itu, orang yang tidurnya bermasalah berpotensi bertambah nafsu makan yang juga meningkatkan risiko diabetes. Tentunya, selain risiko diabetes, terlalu banyak makan juga dapat membuat berat badan jadi bertambah.

2. Obesitas
Menurut studi, orang yang tidur kurang dari 7 jam setiap malam memiliki risiko obesitas yang lebih tinggi dibanding orang yang tidur selama 7-8 jam sehari.

Mengapa demikian ? Karena orang yang kurang tidur akan bertambah nafsu makannya, sehingga mereka lebih cenderung banyak makan yang dapat mengakibatkan obesitas.

3. Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah
Penyakit berbahaya lainnya yang dapat anda alami apabila sering tidur di pagi hari dan tidak cukup tidur adalah penyakit jantung.

Orang yang kurang tidur dan tidur di pagi hari cenderung berisiko tinggi mendapatkan penyakit jantung dan pembuluh darah, seperti serangan jantung atau strok.

Hal tersebut karena kurang tidur dapat meningkatkan tekanan darah dan membuat peradangan pada dalam tubuh. Tekanan darah yang tinggi dan peradangan dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung pada tubuh.

4. Mudah Lupa
Saat kita tidur, proses perbaikan sel-sel tubuh akan berlangsung, termasuk perbaikan sel-sel otak. Jika seseorang kurang tidur, sel-sel otak menjadi tidak diregenerasi sehingga otak menjadi kekurangan oksigen dan energi, yang dapat membuat seseorang menjadi mudah lupa.

5. Sulit Berpikir dan Konsentrasi
Dalam sebuah penelitian menyebutkan, bahwa seseorang yang tidur 7-8 jam pada malam hari dapat berpikir lebih jernih, mudah mendapatkan ide, dan mampu memecahkan masalah.

Oleh karena itu, orang yang sering tidur pagi atau kurang tidur menjadi lebih sulit untuk fokus bekerja.

6. Mood Mudah Berubah
Ternyata kurang tidur di malam hari, dan kebiasaan tidur di pagi hari dapat membuat seseorang mengalami moody’s atau perubahan mood secara tiba-tiba, hingga depresi. Hal itu disebabkan dari efek kelelahan karena kurang tidur.

7. Risiko Kanker
Orang yang sering tidur di pagi hari memiliki risiko terkena kanker lebih tinggi dibandingkan orang yang tidur teratur.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa sebagian besar pasien kanker memiliki kebiasaan sering begadang atau tidur kurang dari 7 jam.

8. Menurunkan Tingkat Kesuburan
Tingkat kesuburan seseorang juga dapat di pengaruhi oleh pola tidurnya lho. Kurang tidur ternyata dapat mengurangi produksi hormon reproduksi pada pria dan wanita, yang pada akhirnya menyebabkan tingkat kesuburan menurun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *