Terlalu Sering Minum Teh Ternyata dapat Menyebabkan Gigi Kuning

Indonewsdaily.com – Bagi anda yang gemar minum teh, apakah anda sudah tau bahwa teh dapat menyebabkan gigi kuning lho. Hal itu dikarenakan teh memiliki kandungan yang membuat gigi berubah warna menjadi kuning. Bahkan, lebih dari kopi yang juga dapat menyebabkan gigi kuning.

“Memang benar teh dapat menodai gigi daripada kopi karena konsentrasi taninnya yang tinggi,” kata Dr. Inna Chern, seorang dokter gigi di New York.

Tanin yang terkandung dalam teh adalah senyawa yang menghasilkan rasa pahit pada teh. Kandungan tanin pada setiap teh memiliki jumlah kadar yang bervariasi tergantung dari rasa pahit yang dihasilkan. Menurut Chern, teh hijau memiliki kandungan tanin yang lebih rendah dari teh hitam dan teh olong.

“Jumlah tanin dalam varietas teh tertentu bervariasi menurut produsen, tetapi aman unutk mengatakan bahwa teh hitam dan oolong memiliki jumlah tertinggi sedangkan teh hijau jumlahnya lebih rendah,” ungkapnya.

Jika anda tetap ingin mengkonsumsi teh namun enggan gigi anda mendapatkan dampaknya, dr Chen menyarankan agar mengkonsumsi teh hijau, hal itu dikarenakan teh hijau bebas dari kandungan Tanin.

“Teh yang bebas dari tanin mencakup sebagain besar teh bebas kafein atau teh herbal seperti yang terbuat dari jahe, chamomile, melati, dan hibiscus,” ujar Chern.

Namun jika anda tetap ingin mengkonsumsi teh hitam, dr Chern juga punya tipsnya, yakni minum banyak air putih setelah minum teh atau menggosok gigi. Anda juga bisa minum teh dengan menggunakan sedotan, sehingga teh tidak langsung mengenai gigi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *