Terungkap! Pemkab Nabire Gaji 200 PNS Pindah Tugas ke Daerah Lain

Papua210 Views

Indonewsdaily.com, Nabire – Ternyata Pemkab Nabire masih menggaji sekitar 200 PNS yang sudah pindah tugas ke darah lain atau tidak aktif bekerja di KabupatennNabire.

Hal ini terungkap melalui diskusi antara Pemkab Nabire dan anggota DPRD Kabupaten Nabire beberapa hari lalu di ruang sidang DPRD jalan Patriot Nabire.

Bertindak sebagai pimpinan diskusi Wakil Ketua II DPRD H Mohammad Iskandar didampingi Wakil Ketua Komisi B Musa Malisa. Sementara pihak Pemkab Nabire dihadiri Pj Bupati Anton Tony Mote didampingi Sekda Nabire Daniel Maipon.

Terungkapnya gaji 200 PNS yang bertugas meninggalkan Nabire, namun masih ditanggung menggunakan Dana Alokasi Umum (DAU) yang disalurkan pemerintah terungkap melalui pertanyaan Musa Malisa.

“Ini terkesan terjadi pemborosan Danau Alokasi Umum (DAU) yang disalurkan pemerintah untuk menggaji PNS yang sudah meninggalkan tugas alias tidak bekerja lagi di Kabupaten Nabite,” ujar Musa.

Menanggapi hal itu Sekda Daniel Maipon, mengatakan bahwa penyebab ke-200 PNS yang masih menerima gaji dari Pemkab Nabire padahal yang bersangkutan aktif di daerah lain dikarenakan PNS bersangkutan enggan mengurus surat pindah.

“Pemerintah sudah berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) untuk membantu mempermudah kepengurusan kepindahan mereka, namun hingga kini yang bersangkutan masih belum urus,” jelas Maipon.

Perihal hal tadi, lanjut dijelaskan Maipon cukup membebani anggaran daerah. “Ini memang cukup membebani kami (anggaran), sebagai peringatan kami akan perintahkan bendahara di masing – masing OPD untuk menahan gaji mereka selam 3 bulan,” imbuhnya.

Jika ternyata, menurutnya selama 3 bulan PNS yang bersangkutan belum juga mengurus surat pindah, maka gaji yang tertahan selama 3 bulan akan dikembalikan ke kas negara.

Sebagai informasi jumlah Pegawai Negeri Sipil di Kabupaten Nabire tercatat hingga 31 Desember 2020 sebanyak 4.194 orang ditambah 500 orang sedang menunggu proses pengangkatan dan jumlah itu belum termsuk alokasi 2.000 orang.

“Kami taksir ke depannya Kabupaten Nabire akan memiliki 5000 PNS bahkan lebih banyak lagi. (Kur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *