Papua  

Tim Gabungan Evakuasi 3 Kru Korban Pesawat Rimbun Air PK-OTW yang Jatuh di Distrik Sugapa Kabupaten Intan Jaya

Indonewsdaily.com, Nabire– Pada hari Rabu tanggal 15 September 2021, Pukul 11.00 WIT bertempat di Bukit Kampung Bilogai Distrik Sugapa Kabupaten Intan Jaya, Tim Gabungan TNI – Polri, Pemuda Gereja, dan Pihak Keluarga korban telah berhasil nengevakuasi tiga kru korban pesawat Rimbun Air PK- OTW yang hilang kontak sejak Rabu 15 September 2021 dan akhirnya dinyatakan jatuh di Bukit Kampung Bilogai Distrik Sugapa Kabupaten Intan Jaya Papua. Tim mulai melakukan proses evakuasi sekitar pukul 11.00 WIT.

Kabidhumas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Mustofa Kamal, SH melalui siaran persnya mengatakan, pada hari Rabu 15 September 2021, sekitar pukul 11.00 WIT Tim Basarnas melakukan Patroli Udara setelah memperhatikan cuaca bagus dan menemukan pesawat Rimbun Air PK- OTW yang jatuh di Bukit Kampung Bilogai Distrik Sugapa Kabupaten Intan Jaya.

“Setengah jam kemudian, yakni sekitar pukul 11.30 WIT, Tim Gabungan TNI-Polri, Basarnas dan sejumlah pemuda gereja menuju ke Lokasi jatuhnya Pesawat yang membawa bahan bangunan guna mengevakuasi para korban, “kata Kamal, Kamis (16/9/21).

15.30 WIT, Lanjut dikatakan Kamal , Tim gabungan berhasil sampai di TKP dan menemukan ketiga Kru Pesawat Rimbun Air PK – OTW dalam keadaan meninggal dunia.

Saat tim akan mengevakuasi para korban, terjadi hujan lebat disertai kabut tebal sehingga proses evakuasi pun ditunda.

Tengah malam (11.45) cuaca kembali membaik dan proses evakuasi kembali berlanjut. Tim gabungan berhasil mengevakuasi ke-tiga korban menuju Sugapa yang merupakan kru pesawat naas.

Tim gabungan pun berhasil menemukan Black Box dan Signal Pemancar Pesawat Rimbun Air PK – OTW pada pagi buta (Kamis) sekitar pukul 04.20 WIT.

Direncanakan pada hari ini ketiga Korban akan dievakuasi ke Kabupaten Mimika dan selanjutnya di berangkatkan ke Kampung Halaman masing-masing.

Identitas Korban:
1. H. Mirza (Pilot), akan di terbangkan ke Bogor;
2. Fajar (Copil) akan di terbangkan ke Jati Makmur Pondok Gede Bekasi;
3. Iswahyudi (Enginering) akan diterbangkan ke Balik Papan Kalimantan Timur.

Seperti diketahui bahwa Pesawat Rimbun Air Pk OTW hilang kontak pada hari Rabu tanggal 15 September 2021 Pukul 07.37 WIT, di Distrik Sugapa Kabupaten Intan Jaya. Rimbun Air terbang dari Bandar Udara Douw Aturure Kabupaten Nabire dengan membawa cargo berupa material bangunan.

“Adapun langkah-langkah kepolisian dalam proses evakuasi; diantaranya
Tim Gabungan TNI-Polri berkoodinasi dengan pihak Perusahaan dan keluarga korban untuk proses evakuasi hari ini (Kamis) sudah dilakukan dari Sugapa Kabupaten Intan Jaya ke Timika, selanjutnya menuju Kampung halaman korban masing-masing, “jelasnya.

Kombes Pol Drs. Ahmad Mustofa Kamal, SH dalam kesempatannya memastikan pagi ini ketiga Korban Kru Pesawat akan dievakuasi ke Timika dan selanjutnya akan di pulangkan ke Bogor, Pondok Gede Bekasi, dan Balikpapan untuk disemayamkan.(Kur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *