Waspada! Kurang Istirahat Jadi Salah Satu Penyebab Stroke

Indonewsdaily.com – Stroke merupakan salah satu penyakit yang dapat menyerang segala usia. Salah satunya seperti yang dialami Budi Yogi alias Vabyo, penulis novel Valiant, di usianya yang masih 35 tahun ia terserang stroke hingga mengalami lupa ingatan.

“Sampai sekarang, kalau mau tanda tangan harus nyontek KTP (Kartu Tanda Penduduk),” kata Vabyo dalam program e-Life, Jumat (1/10/2021).

Stroke bersifat akut dan bisa menyerang tiba-tiba, namun tidak serta merta bisa disebut sebagai serangan yang tidak diundang. Dokter bedah saraf dari RS Mayapada, dr Roslan Yusni Hasan, SpBS, menyebut sebagian besar serangan stroke muncul karena ‘diundang’ lewat gaya hidup yang tidak sehat.

Meski ada penyebab lain yang tak bisa di hindari, seperti faktor usia. Sebagian besar faktor penyebab stroke, lanjut dr Roslan, dapat dikendalikan. Diabetes misalnya, bisa dikontrol dengan obat-obatan agar tidak merusak pembuluh darah di otak.

Faktor lain yang bisa dikendalikan adalah nikotin. Salah satu senyawa racun dalam rokok ini, menurut dr Roslan, termasuk salah satu yang merusak pembuluh darah sehingga meningkatkan risiko stroke.

Dr Roslan juga menyarankan untuk rajin berolahraga jenis rekreatif bukan kompetitif, karena hal itu dapat membantu menghindari risiko stroke.

“Yang terakhir, dalam rangka mengendalikan faktor-faktor yang bisa dikendalikan itu adalah istirahat secukupnya,” jelas dr Ryu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *