Ingin Turunkan Berat Badan, Rutin Konsumsi 4 Buah Segar Ini

Indonewsdaily.com, Jakarta- Memiliki berat badan ideal idaman semua orang. Selain itu, memiliki tubuh ideal juga menjadikan tubuh sehat dan jauh dari penyakit.

Banyak orang melakukan segala cara agar bisa menurunkan berat badan seperti olahraga, diet dan salah satunya bisa dilakukan dengan asupan buah. Beberapa buah kaya akan serat dan mengenyangkan ini patut dikonsumsi untuk menurunkan berat badan.

Buah segar mengandung banyak vitamin, serat, dan nutrisi lain yang mendukung pola makan sehat. Selain itu, buah juga umumnya rendah kalori dan tinggi serat serta air. Hal ini memberi rasa kenyang lebih lama setelah dikonsumsi. Tak hanya itu, asupan buah juga disebut dapat menurunkan risiko berbagai penyakit kronis seperti diabetes, tekanan darah tinggi, kanker, dan penyakit jantung.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut beberapa pilihan buah segar yang mengenyangkan dan cocok untuk turunkan berat badan.

1. Apel
Apel yang rasanya renyah manis segar ini dikenal rendah kalori dan tinggi serat. Beberapa penelitian menemukan bahwa konsumsi apel dapat membantu penurunan berat badan.

Mengutip Healthline, sebuah penelitian membandingkan asupan apel, pir, dan gandum pada sekelompok orang selama 10 pekan. Hasilnya, didapat bahwa kelompok pemakan apel berhasil menurunkan berat badan hingga 0,91 kilogram, kelompok pir 0,84 kilogram, dan kelompok gandum yang tidak mengalami penurunan.

Karena kandungan kalorinya yang rendah, konsumsi apel bisa membuat kamu makan dalam jumlah lebih sedikit sepanjang hari. Apel disebut tiga kali lebih mengenyangkan dibandingkan sebatang cokelat.

Konsumsi apel dalam bentuk utuh, tanpa perlu dibuat jus. Konsumsi buah apel utuh dapat membantu mengurangi rasa lapar dan mengendalikan nafsu makan.

2. Buah beri
Sama seperti apel, buah beri yang dikenal asam segar rasanya juga rendah kalori dan kaya serat serta vitamin C.

Buah beri terbukti mengenyangkan. Studi menemukan, kelompok orang yang memakan beri sebagai kudapan ditemukan makan dengan 65 kalori lebih sedikit pada waktu makan berikutnya.

Kamu bisa memilih ragam buah beri seperti stroberi, blueberry, raspberry dalam keadaan segar atau beku. Tambahkan pada semangkuk sereal atau yogurt untuk sarapan.

3. Markisa
Markisa mengandung serat dalam jumlah yang banyak. Serat diketahui dapat memperlambat pencernaan dan memberi rasa kenyang lebih lama.

Selain itu, biji markisa juga mengandung piceatannol, senyawa yang diketahui dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sensitifitas insulin pada pria yang kelebihan berat badan.

4. Kiwi
Buah kiwi hijau dan kuning dikenal akan rasanya yang kecut dan banyak mengandung air. Kiwi sangat padat nutrisi dan merupakan sumber vitamin C, vitamin E, folat, dan serat yang sangat baik.

Satu buah kiwi berukuran kecil yang telah dikupas menyediakan lebih dari 2 gram serat. Kamu juga bisa mendapatkan serat ekstra dari kulitnya sebanyak 1 gram.

Diet tinggi serat dari buah-buahan dan sayuran telah terbukti membantu penurunan berat badan, meningkatkan rasa kenyang, dan menjaga kesehatan usus.

Selain itu, kiwi juga rendah akan indeks glikemik. Alhasil, konsumsi kiwi tak akan menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *