Ini 4 Sayuran Tinggi Zinc yang Baik untuk Meningkatkan Imun Tubuh

Indonewsdaily.com- Zinc atau mineral merupakan nutrisi yang punya peran penting bagi tubuh. Beberapa fungsi Zinc untuk tubuh diantaranya, melakukan metabolisme nutrisi, meningkatkan imunitas, serta menumbuhkan dan memperbaiki jaringan tubuh.

Menurut European Journal of Immunology, asupan zinc dalam tubuh berguna untuk mengaktifkan sel T (limfosit T). Sel ini bekerja dengan dua cara yaitu mengendalikan respon imun dan menyerang sel yang membawa kuman penyebab penyakit.

Sayangnya tubuh tidak dapat memproduksi zinc, sehingga asupan mineral ini bisa kita dapat dengan konsumsi makanan mengandung zinc atau suplemen zinc. Mengkonsumsi makanan yang mengandung zinc sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Kebanyakan orang makanan yang mengandung zinc adalah makanan dari hewani, seperti daging sapi, tiram, telur, hingga produk susu. Namun tahukah kamu kalau sayuran juga ada yang tinggi zinc?

Berikut 4 sayuran yang mengandung zinc tertinggi, menurut My Food :

1. Kacang polong
Sayuran yang mengandung zinc tertinggi selanjutnya adalah kacang polong. Tiap 100 gram kacang polong mengandung 1,2 mg zinc yang artinya memenuhi 11% kebutuhan harian akan zinc.

Kacang polong biasanya dijadikan salah satu isian tumis sayur, dicampurkan ke dalam nasi goreng, ataupun sup. Mengenai manfaat sehatnya, kacang polong tinggi antioksidan sehingga dapat mengurangi risiko kanker. Kacang polong juga sumber serat dan protein yang baik.

2. Bayam
Terkenal sebagai sayuran hijau paling sehat, bayam juga termasuk sayuran tinggi zinc. Tiap mengonsumsi 100 gram bayam, kamu bisa mengasup 7% kebutuhan harian akan zinc. Jumlahnya sekitar 0,8 gram.

Dalam kaitannya dengan imunitas tubuh, bayam adalah juaranya. Sebab sayuran berdaun ini juga mengandung vitamin C dan antioksidan betakaroten. Pastikan kamu tidak memasak bayam terlalu lama agar nutrisinya tetap terjaga.

3. Brokoli
Sayuran yang mengandung zinc tertinggi selanjutnya adalah brokoli. Sayuran hijau ini memang jadi favorit para pelaku hidup sehat. Tiap 100 gram brokoli mengandung 0,5 mg zinc yang mampu memenuhi 4% kebutuhan harian akan zinc.

Brokoli juga mirip bayam dalam manfaatnya meningkatkan imunitas tubuh. Sebab brokoli mengandung vitamin, A, C, E, dan antioksidan lain yang bagus untuk kesehatan secara menyeluruh.

4. Jagung manis
Satu lagi sayuran yang mengandung zinc tertinggi. Kamu bisa mengandalkan asupan jagung manis. Dalam tiap 100 gram jagung manis mengandung 0,5 mg zinc atau mampu memenuhi 4% kebutuhan harian akan zinc.

Manfaat jagung untuk kesehatan juga banyak diantaranya menyehatkan jantung, menurunkan risiko diabetes, dan mengatasi konstipasi. Bonus lainnya, jagung manis memiliki rasa yang enak dan bisa diolah menjadi beragam masakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *