Jalani Hari Kurang Semangat? Coba Dengarkan Musik, Ini Manfaatnya

Indonewsdaily.com- Bagi sebagian orang mendengarkan Musik menjadi instrumen tersendiri agar lebih semangat dalam beraktivitas. Bahkan, ada beberapa orang jika mendengarkan musik bisa memacu semangat. Utamanya mendengarkan musik saat pagi hari. Badan yang masih malas untuk beraktivitaa bisa lebih bersemangat menjalani aktivitas seharian.

Dilansir dari klikdokter, bahwa mendengarkan musik memiliki banyak manfaat untuk organ tubuh diantaranya adalah mampu meningkatkan fungsi memori otak, membantu penyembuhan penyakit, serta mampu membantu tubuh menjadi lebih relaks. Bahkan menurut beberapa penelitian pun musik terbukti mampu menjaga kesehatan dan kinerja tubuh manusia.

Hal ini juga didukung oleh David M. Greenberg seorang psikolog di University of Cambridge, Inggris yang telah membuat daftar lagu khusus yang dirancang secara ilmiah untuk membuat mood seseorang menjadi lebih baik.

Salah satunya adalah lagu Viva La Vida miliki Coldplay. Menurut penelitian, ketukan pada lagu Viva La Vida dapat membuat denyut jantung per menit (BPM) antara 100 dan 130 sehingga bisa membuatmu jadi lebih semangat bergerak dan meningkatkan mood. Pasalnya kisaran BPM ini terbilang ideal untuk menciptakan efek motivasi sampai mengatasi badan yang lemas.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk mendengarkan musik saat merasa kurang bersemangat. Dilansir dari Science of People, mendengarkan musik bisa melepaskan endorfin di otak. Endorfin bisa memberikan rasa senang dan mengurangi kecemasan. Kadar endorfin pun bisa membantu ritme dan sinyal ke otak agar tubuh bisa lebih mudah bergerak.

Nah, memang sudah terbukti kalau mendengarkan musik bisa menambah semangat. Kamu bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih, saat kamu memilih musik yang kamu sukai. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *