Kini Nilai Skuad Timnas Indonesia Termahal No 2 di Asia Tenggara

Sumber foto: cnnindonesia.com

Indonewsdaily.com – Tampilnya Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 membuat harga pasar para pemainnya naik. Skuad Garuda kini menjadi yang termahal kedua di Asia Tenggara.

Timnas Indonesia bisa lolos ke final Piala AFF 2020. Membawa tim muda, pelatih Shin Tae-yong mengantarkan Indonesia mencapai babak teratas.

Sepanjang turnamen, Indonesia memang tampil bagus. Keluar sebagai juara Grup B, mengalahkan Vietnam dan Malaysia, tim Merah Putih kemudian menyingkirkan Singapura di babak empat besar.

Namun di final, Indonesia harus mengakui ketangguhan timnas Thailand. Asnawi Mangkualam dkk takluk 0-4 di leg pertama, dan hanya bisa menahan imbang 2-2 di leg kedua, Sabtu (1/1/2022). Indonesia harus puas menjadi runner-up Piala AFF untuk ke-6 kalinya.

Meski kalah, para pemain Indonesia mengalami lonjakan harga pasar akibat kinerjanya. Mengintip dari situs transfermarkt, skuad Indonesia menjadi tim dengan harga pasar termahal kedua di Asia Tenggara.

Total nilai skuat Timnas Indonesia mencapai Rp 110,37 miliar. Harga skuat Indonesia hanya kalah dari Thailand yang mencapai Rp. 173,82 miliar.

Indonesia lolos ke timnas Vietnam senilai Rp. 93,43 miliar. Disusul Timnas Malaysia Rp 79,09 miliar, dan Timnas Filipina Rp 49,10 miliar.

Di timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam adalah pemain paling berharga. Pesepakbola berusia 22 tahun itu kini bernilai Rp 6,52 miliar, disusul Ezra Walian, Evan Dimas, Pratama Arhan, dan kiper Nadeo Arga Winata.

Sebelum turnamen, Indonesia hanya tertinggal dari Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Namun karena kemunculannya di AFF, terjadi perubahan harga pasar pemain.

Di kubu Thailand, pemain terbaik masih dipegang oleh Chanathip Songkrasin. Kapten The War Elephants memiliki harga pasar Rp 27,81 miliar, disusul Theerathon Bunmathan dengan harga Rp 15,61 miliar.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *