Timnas Indonesia Kemungkinan Akan Melakoni Babak Playoff Kualifikasi Piala Asia 2023 di Qatar

Indonewsdaily.com – Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong yang telah menyebut babak playoff Kualifikasi Piala Asia 2023 akan digelar di negara Qatar. Rencana sistem home-away saat ini kemungkinan batal.

Timnas Indonesia yang akan melawan Taiwan pada babak playoff Kualifikasi Piala Asia 2023 pada tanggal 7 September dan 12 Oktober. Pasukan Garuda yang saat ini terpaksa memainkan babak playoff Piala Asia karena timnas telah gagal di total di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Rencana AFC, laga play off yang akan dimainkan dengan sistem home dan away. Tetapi karena kondisi pandemi, sistem sentralisasi kemungkinan besar akan diberlakukan.

“Kalau Taiwan datang ke Indonesia, mereka yang harus menjalani isolasi selama 8 hari. Begitu juga ketika Timnas Indonesia yang harus bertandang ke Taiwan, harus isolasi selama dua pekan,” kata Shin Tae-yong, dikutip dari media Korea, Star News.

“Jika masalah ini tidak bisa dipecahkan, itu tidak mudah. Saya yang telah mendengar ada kemungkinan laga (playoff) bakal digelar di negara Qatar,” ujarnya menjelaskan.

Qatar, negara yang kaya akan minyak bumi itu sebelumnya juga telah punya pengalaman menggelar ajang AFC. Pada tahun 2020, mereka pernah menjadi tuan rumah sentralisasi di kompetisi Liga Champions Asia 2020.

Negara-negara Arab yang masih relatif lebih menerima kedatangan warga asing di masa pandemi COVID-19, meski ada beberapa syarat yang saat ini harus segera dipenuhi. Sebelumnya, Uni Emirat Arab (UEA) juga telah menjadi lokasi sentralisasi lanjutan babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang juga dimainkan oleh timnas Indonesia.

Selain babak play off, Timnas Indonesia yang juga punya agenda Piala AFF 2020 yang telah dipindahkan ke akhir tahun 2021. AFF bahkan hingga saat ini belum menentukan format pasti ajang dua tahunan ini.

Selain Piala AFF, ada juga ajang SEA Games 2021 di negara Vietnam yang sudah diputuskan digeser ke awal tahun 2022. Timnas Indonesia U-22 yang akan turun ke pesta olahraga bangsa-bangsa ASEAN ini.

“SEA Games yang seharusnya digelar bulan November sudah resmi ditunda. Dan juga saat ini masih belum dipastikan bagaimana kelanjutan dari kompetisi Piala AFF,” tutur Shin Tae-yong soal agenda Timnas Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *