Nihil Kegiatan Selama Pandemi, ini kata Ketua KONI Nabire

Papua308 Views

Indonewsdaily.com, Nabire – Ketua KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Kabupaten Nabire Madyo Prayitno menyatakan selama tahun 2020 semua kegiatan dari seluruh cabang olahraga (cabor) vakum. “Selama masa pandemi tahun 2020, KONI Nabire dari seluruh cabor vakum tidak ada kegiatan, karena khawatir bisa mendatangkan kerumunan massa,” katanya, Minggu (23/5/21).

Diakui Madyo kendati tidak ada kegiatan. Pada beberapa hari yang lalu pihaknya telah mengadakan rapat bersama pengurus cabor di Gedung Olahraga (GOR) Kota Lama Nabire.

Dalam kesempatan itu dirinya menyampaikan beberapa poin penting kegiatan yang bisa dilaksanakan pada tahun 2021, hal paling penting adalah dana hibah / dana bantuan dari Bupati Kabupaten Nabire.

“Di tahun 2021 dana hibah untuk pembinaan organisasi masing – masing cabor mekanismenya berbeda dari tahun – tahun sebelumnya. Biasanya dana itu diserahkan langsung bupati ke KONI tahun sekarang dana itu diserahkan melalui Dinas Pemuda dan Olahraga,” jelasnya.

Lanjut dijelaskannya, dana hibah masing – masing cabor sangat terbatas. Untuk itu KONI berharap kepada pengurus untuk bisa memprogramkan kegiatan agar bisa dimasukan dalam pengusulan program agar teralokasi dalam anggaran dana hibah tahun 2021.

KONI di tahun 2021 masih membatasi kegiatan bersifat mengundang kerumunan massa. Namun masih ada 4 kegiatan yang sudah mendapat persetujuan dan bisa dilakukan, seperti dana pembinaan organisasi, dana musyawarah kabupaten, dana operasional KONI dan pengiriman wasit dan atlet PBPON XX.

Bentuk dukungan yang diberikan KONI dalam berkegiatan, tanggung jawab KONI ada 2 (dua) poin, pertama membiayai kejuraan kabupaten (kejurkab) dan kejuaraan daerah (kejurda) tingkat provinsi.

“KONI Nabire support via pendanaan kegiatan kejurkab dan kejurda tingkat provinsi, namun untuk kejuaraan terbuka (turnament open) akan kita ajukan ke pemkab, apakah mendapat persetujuan atau tidak tergantung kemampuan anggaran,” imbuhnya.

Madyo Prayitno menginformasikan, bahwa kepengurusan KONI Nabire akan berakhir pada tanggal 5 Oktober 2021 selanjutnya akan digelar musyawarah kabupaten (muskab) setelah ada bupati terpilih. Papua sebagai wilayah Indonesia timur ketua umum KONI secara otomatis akan dipegang kepala daerah. (Kur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *