Papua  

Ratusan Warga di Pasar Buah Holtekam dan Cafe Dites Rapid Antigen

Indonewsdaily.com, Jayapura – Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Jayapura menjalankan Operasi Yustisi Minggu dalam rangka menegakkan instruksi Walikota nomor 9 tahun 2021 terkait penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan Peraturan Daerah (Perda) nomor 3 tahun 2020 tentang penegakkan hukum serta adaptasi kebiasaan baru dimasa pandemi Covid-19 di wilayah Kota Jayapura.

Kali ini Operasi Yustisi dilaksanakan di Cafe-Cafe dan Pasar buah yang berada di sepanjang Pantai Holtekam Kota Jayapura, Papua.

Operasi dipimpin langsung Wakapolresta Jayapura Kota AKBP Supraptono, S.Sos., M.Si didampingi Kasat Pol PP Mukhsin Negkeula, SH., M.Si, Kadis Kesehatan Kota Jayapura Ni Nyoman Sri Antari, Kabag Ops Polresta Jayapura Kota AKP Langgeng Widodo dengan melibatkan 100 personel aparat gabungan TNI-Polri dan Pemerintah Kota Jayapura.

“Pada hari Minggu (29/8/21) ini yang menjadi sasaran Operasi Yustisi adalah tempat usaha seperti pedangang buah – buahan dan cafe-cafe yang berada di sepanjang Pantai Holtekam, “kata Wakapolrests Jayapura, AKBP Supraptono.

Lanjut dikatakannya, Operas Yustisi ini intens dilakukan dengan mencari sasaran tempat keramaian atau kerumunan guna mencegah dan menekan penularan virus Covid-19 di Kota Jayapura khususnya Provinsi Papua secara umum.

Menurut perwira dua Bunga Melati Emas itu, adapun total keseluruhan warga yang menjalani pemeriksaan rapid antigen sebanyak 188 orang dengan hasil keseluruhan dinyatakan negatif.

“Kita patut bersyukur sebanyak 188 orang yang menjalani pemeriksaan rapid tes anti gen yang dilakukan oleh tim medis satgas Covid-19 Kota Jayapura, semuanya dinyatakan negatif Covid-19, “imbuhnya.

Dari hasil yang pemeriksaan yang sangat membanggakan dengan tidak ditemukannya kasus positif Covid-19, maka dapat dikatakan bahwa imunitas atau ketahanan tubuh masyarakat Kota Jayapura dalam keadaan bagus.

Namun pihaknya tetap mengimbau kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh Pemerintah, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Meskipun dalam operasi ini tidak ditemukan kasus positif Covid-19, kami tetap menghimbau dan menganjurkan masyarakat untuk tetap mematuhi prokes dengan baik, “tandasnya.

Menjelang perhelatan empat tahunan PON XX Papua, Tim Satgas Covid-19 Kota Jayapura akan melakukan pemeriksaan kesehatan warga Kota Jayapura secara rutin setiap hari guna memutuskan mata rantai penyebaran virus Covid-19.

Pemkot Jayapura memastikan warganya yang beraktivitas diluar rumah sehat namun bila menemukan warga yang dinyatakan positif langsung dibawa dan dirawat oleh tim medis di tempat isolasi terpusat (Isoter) terapung KM. Tidar.

Kadiv Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal menginformasikan. “Perlu kami sampaikan, bahwa Tim Satgas Covid-19 kota Jayapura juga telah melaksanakan Operasi Yustisi di tempat keramian (kerumunan massa) lainnya seperti Mall, Supermarket, Pasar, Tempat Wisata, dan Perhotelan, “jelas Kamal melalui press rilis, Senin (30/8/21). (Kur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *