Wajib Diingat! Ini Sayuran yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Ibu Hamil

Indonewsdaily.com, – Sayuran memang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil, sayur dapat membantu melancarkan pencernaan dan memberikan nutrisi tambahan yang sangat baik untuk kesehatan ibu dan janin. Namun ternyata tidak semua sayur boleh di konsumsi oleh ibu hamil, beberapa sayuran bahkan dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan janin dan ibunya.

Berikut 4 sayuran yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil :

1. Daun pepaya
Sayur daun pepaya adalah salah satu makanan yang lezat jika pengolahannya benar. Meski agak sedikit pahit, namun saat mereka diolah dengan benar, tumis daun pepaya bisa terasa sangat renyah dan nikmat jika disajikan bersama hidangan daging.

Namun, selama hamil sebaiknya Moms harus menghentikan terlebih dahulu konsumsi daun pepaya, pasalnya ada penelitian yang menyebutkan bahwa daun pepaya termasuk dalam sayuran yang dilarang untuk ibu hamil.

Mengutip penelitian yang dipublikasikan Asian Research Journal of Gynaecology and Obstetrics, ekstrak daun pepaya ternyata memiliki kandungan zat aktif yang dapat menjadi racun bagi rahim.

Meski pengujian masih dilakukan pada hewan dan belum dilakukan kepada manusia, sebaiknya Moms tidak ambil risiko akan hal ini. Hindari olahan daun pepaya sebagai sayuran yang dilarang untuk ibu hamil, guna mencegah hal yang tidak diinginkan.

2. Pepaya muda
Pepaya muda termasuk sayuran yang dilarang untuk ibu hamil dan sebaiknya dihindari, terlebih jika menggunakan pepaya yang masih mentah. Pasalnya di dalam pepaya mentah terkandung getah dan papain yang berbahaya.

Mengutip jurnal dari British Journal Nutrition, jenis getah pada pepaya mentah sebaiknya dihindari oleh ibu hamil karena ia mungkin memicu kontraksi uterus sehingga bisa menyebabkan persalinan dini.

Tak hanya itu, kandungan papain yang mungkin disalahartikan oleh tubuh sebagai prostaglandin yang terkadang digunakan untuk menginduksi persalinan. Ini kemudian akan melemahkan selaput vital yang menopang janin.

Sebaiknya pilihlah pepaya matang untuk dikonsumsi.

Namun, beberapa wanita mungkin akan memutuskan untuk menghilangkan semua pepaya dari makanan mereka sampai setelah melahirkan, karena ada banyak sumber nutrisi lain yang dapat dinikmati dengan aman selama kehamilan.

3. Pare
Mengutip WebMD, pare setidaknya bisa menyebabkan efek samping jika dikonsumsi seperti sakit kepala, sakit perut, kram, dan diare. Sementara itu bagi ibu hamil atau ibu menyusui, pare bisa jadi berbahaya karena ia akan memengaruhi kadar gula darah.

Konsumsi pare bisa menyebabkan gula darah sangat rendah bila dicampur dengan beberapa obat diabetes, sehingga ia tidak aman untuk anak-anak atau wanita hamil atau menyusui.

4. Pete
Pete sebetulnya merupakan sayuran yang memiliki banyak manfaat selama kehamilan, dan sebelumnya ia tidak sepenuhnya dilarang untuk dikonsumsi selama hamil.

Namun, konsumsi pete berlebihan selama hamil juga tidak dibenarkan. Konsumsi pete yang terlalu banyak akan membuat ginjal bekerja lebih berat.

Ini karena pete mengandung protein yang cukup tinggi, yang dalam jangka panjang dapat menyebabkan efek buruk pada ginjal karena ia dipaksa bekerja lebih keras.

Tak hanya itu, mengolah pete dengan tidak benar juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Ini karena tubuh akan semakin kesulitan memecah karbohidrat kompleks yang terkandung dalam pete. Selain itu, pete juga bisa sebabkan bau tidak sedap yang bisa bertahan lama.

Nah Moms sudah tau bukan apa saja sayuran yang tidak boleh di konsumsi ibu hamil, jadi sekarang anda bisa lebih berhati-hati dalam memilih sayuran yang akan di konsumsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *