Warga Kota Batu Tangkap TNI Gadung Yang Minta Sumbangan

Indonewsdaily.com, Batu – Seorang pria diduga mengaku-ngaku sebagai anggota TNI AD babak belur dihajar warga di Kota Batu. Sebelum itu, dia berkeliling dari villa ke villa di Kelurahan Songgokerto mencari sumbangan uang. Alasannya untuk perayaan HUT TNI ke -71.

Informasi dihimpun, pria paruh baya ini diketahui datang dengan menggunakan sepeda knalpot brong sekitar pukul 13.00 WIB. Total, dia sudah berhasil menggarong 8 pemilik villa sebelum dicurigai warga dan dilaporkan kepada Babinsa setempat.

Danramil Kota Batu Abdul Kodir menuturkan saat dimintai keterangan dan bukti keanggotaan oleh Babinsa, pelaku tidak bisa membuktikan. Spontan, saat itu warga ikut kesal dan ikut memberi hadiah bogem mentah hingga pelaku bonyok.

Kronologinya, pelaku meminta sumbangan uang kepada sejumlah warga dengan alasan perayaan HUT TNI ke-71. Total sudah ada 8 warga yang sudah ia mintai sejumlah uang yang terkumpul Rp 435 ribu.

“Kita berhasil mengamankan uang Rp435ribu dari kantong pelaku. Belum tahu apakah sudah ada uang lain yang terkumpul. Ngakunya baru pertama kali,” kata dia pada awak media, usai menggelandang TNI gadungan ini ke Mako Koramil.

Dalam aksinya, pelaku mengaku berpangkat Mayor dengan nama Suharto Prasetiawan. Namun, berbeda dalam foto identitasnya, pada seragam terpasang lencana pangkat Mayor. Sementara, pada seragam, pangkat yang dia kenakan adalah Letda.

Usai kejadian ini, pihaknya pun mengamankan barang bukti berupa uang tunai, sepeda motor dan sejumlah dokumen catatan keuangan. ”Pelaku juga memalsu plat nomor sepeda seperti plat kendaraan dinas,” jelasnya.

Kasus ini pun langsung diserahkan kepada pihak berwajib. Kasat Reskrim Polres Batu, Iptu Yussi Purwanto berjanji akan mendalami terkait motif pelaku yang diduga nekat mengaku sebagai anggota TNI.

”Nanti kita juga akan dalami dulu ke pihak-pihak yang sudah dimintai uang. Kami akan dalami dulu nanti secepatnya akan kita beritahukan,” ujarnya singkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *