Barcelona Alami Krisis Keuangan, Separah Apa ???

Indo Sport267 Views

Barcelona saat ini sedang dilanda masalah krisis finansial. Presiden Barcelona Joan Laporta kini telah mengakui bahwa situasi klubnya lebih buruk daripada perkiraannya.

Setelah dirinya terpilih lagi melalui pemilihan umum pada bulan Maret silam, Laporta kini melakukan audit dalam laporan keuangan klub. Sementara itu Barcelona yang saat ini diketahui masih memiliki utang yang mencapai 1,2 miliar euro sehingga mereka kini butuh mengurangi tagihan gaji pemain mereka. Bahkan pada bulan Mei lalu, Barca mesti meminjam 100 juta euro kepada bank untuk membantu membayar gaji para bintang mereka Lionel Messi cs.

Kesulitan masalah keuangan yang telah dialami oleh Barcelona membuat klub mesti berburu pemain semurah mungkin. Hasilnya tidak cukup buruk karena Blaugrana kini mampu mendatangkan tiga pemain secara gratis, yaitu Sergio Aguero, Eric Garcia, dan Memphis Depay. Barca juga telah mendaratkan Emerson dari Real Betis seharga 9 juta euro.

Untuk mengurangi pengeluaran klub, Barcelona saat ini mesti melepas beberapa pemainnya di bursa transfer musim ini. Kabarnya, Samuel Umtiti, Neto, Junior Firpo, Philippe Coutinho, dan Martin Braithwaite yang akan masuk ke dalam daftar jual.

“Klub lebih buruk daripada dugaan saya sebelum nya, dan saya memang telah menduga klub ini berada di dalam situasi yang sulit,” kata Laporta kepada La Vanguardia, yang dikutip ESPN.

“Ada beberapa masalah kontrak yang sangat membatasi kami saat ini. Ada hal-hal yang akan harus dijelaskan [oleh direksi yang sebelumnya] dan saya tidak cukup menutup kemungkinan untuk mereka segera mengambil sebuah tindakan. Segalanya harus segera dijelaskan, karena kalau tidak kami akan menyalahi.”

“Kami yang saat ini telah menghadapi sebuah skuad dengan kontrak yang ketinggalan zaman dan kami akan terus melakukan apa yang diperlukan. Kontrak yang ada saat ini bisa diubah atau disusun kembali. Setelah itu, akan ada banyak tindakan drastis yang kami harap kami tidak harus mengambilnya.”

“Tapi tidak ada yang dikesampingkan jika menyangkut masalah kebaikan klub. Di antara gaji dan amortisasi, sekitar 650 juta euro [per tahun], lebih besar ketimbang masalah penghasilan klub. Gaji-gaji itu tidak sesuai dengan pasar yang ada saat ini,” lugas Laporta, menjelaskan situasi keuangan yang terjadi saat ini di Barcelona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *