Kuliah di UMM, WNA Kamboja Ini Gemari Budaya Indonesia

Indonewsdaily.com, MALANG – Bahasa dan kebudayaan Indonesia belakangan makin digemari orang luar negeri, salah satunya oleh Theng Chanboramey. Alumni Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini mulai tertarik dengan budaya Indonesia sejak dirinya iseng mengikuti kelas gratis bahasa Indonesia di KBRI Kamboja.

“Awalnya saya dikenalkan dengan kebudayaan Indonesia dan mencicipi makanan khasnya. Selain itu, KBRI juga sering memberitahu tentang beasiswa-beasiswa yang tersedia,” ujarnya.

Boramey mengungkapkan usai mengetahui informasi tersebut, dirinya memutuskan untuk mendaftar beasiswa ke UMM. Ia mendaftar diri dalam program belajar bahasa dan budaya Indonesia selama satu tahun di BIPA UMM.

Setelah pengumuman lolos, Boramey semakin giat untuk mempelajari lebih dalam Bahasa Indonesia. Ia juga mengaku keputusannya untuk mendaftar ke UMM bukan tanpa alasan, ia memang berniat mencari tempat tenang dan dingin untuk proses belajarnya di Indonesia.

“Selain tempatnya yang stategis, pihak kampus juga sangat memperhatikan mahasiswa asingnya. Dicarikan kos yang murah dan nyaman serta diajak berkeliling kota Malang untuk lebih mengetahui tentang budaya Indonesia,” kata wanita asal Kamboja tersebut.

Staf Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Kamboja ini kembali bercerita bahwa pengalaman satu tahunnya di Indonesia, khususnya UMM sangat berarti. Dirinya bertemu dengan orang-orang baru, kebudayaan baru, dan kebiasaan baru. Pada akhirnya, pengalamannya tersebut membantunya untuk bekerja di KBRI Kamboja sekarang.

“Di KBRI, saya sering membantu WNI. Pengalaman saya di Indonesia sangat membantu memahami mereka. Saya berharap kedepannya BIPA UMM terus mencetak penutur bahasa Indonesia yang handal,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *