Rekor Pertemuan Inggris VS Italia, Jelang Final EURO 2020

Indonewsdaily.com – Final Euro 2020 yang akan mempertemukan antara Italia vs Inggris. Bagaimana rekor pertemuan antara dua raksasa Eropa tersebut?

Italia yang bisa memastikan lebih dulu lolos ke partai final setelah berhasil menyingkirkan Spanyol di Wembley, di hari Rabu (7/7/2021) dini hari WIB. Italia yang menang lewat adu penalti dengan skor 4-2 setelah hasil imbang 1-1 selama 120 menit.

Sehari setelahnya, Inggris ikut menyusul lewat kemenangan 2-1 atas Denmark lewat babak perpanjangan waktu. Inilah partai final Euro 2020, final impian semua pecinta sepakbola yang ditunggu banyak fans sepakbola di dunia.

Sebab, Italia dan Inggris memang kali ini berhasil tampil prima di kompetisi ini serta punya keunikan: lini belakang yang kukuh. Italia yang baru saja kebobolan tiga gol dari hasil enam pertandingan.

Inggris saat ini bahkan lebih tangguh karena hanya baru kebobolan di babak semifinal setelah mereka berhasil clean sheet di lima laga secara beruntun. Ini adalah sebuah pertemuan pertama kedua tim di babak final turnamen besar, tapi bukan yang pertama secara keseluruhan.

Sebelum ini, Italia dan Inggris yang sudah 27 kali bertemu di seluruh kompetisi Internasional. Tentu saja Italia lebih unggul dalam jumlah kemenangan, yakni 10 berbanding delapan milik Inggris. Sementara, sembilan pertandingan lainnya berakhir imbang.

Jika kita lihat catatan pertemuannya, jelang Final Euro 2020 kali ini, duel kedua tim nyaris berimbang dan cenderung ketat. Tapi, jika bicara soal masalah turnamen besar, Italia masih superior ketimbang Inggris karena Italia selalu berhasil memenangi empat pertemuan sebelumnya.

Diawali pada gelaran Euro 1980 saat Italia berhasil menang 1-0 atas Inggris lewat gol Marco Tardelli. Kedua pada Piala Dunia 1990, Italia saat itu juga berhasil menaklukkan Inggris di babak semifinal lewat gol legenda mereka Roberto Baggio dan Salvatore Schillaci dengan skor 2-1.

Pada ajang Euro 2012, Italia masih bisa menaklukkan Inggris di babak perempat final lewat adu penalti setelah hanya bermain imbang 0-0. Lalu, yang terakhir di gelaran Piala Dunia 2014, Italia menang 2-1 atas Inggris di fase grup.

Setelah itu Italia yang tidak pernah lagi bertemu Inggris di turnamen besar. Duel di Wembley akhir pekan ini, mungkin bisa jadi momentum bagus kedua tim membuktikan diri siapa yang terbaik di Benua Biru tahun ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *