Stadion Wembley Akan Dihadiri Penonton Mencapai 75 Persen Saat Semifinal dan Final EURO 2020

Kabar baik untuk para pecinta sepakbola di benua Eropa. Pemerintah Inggris telah mengizinkan stadion Wembley saat ini terisi setengah lebih kapasitas di babak semifinal dan final Euro 2020.

Sempat muncul isu bahwa semifinal dan final Piala Eropa 2020 akan dipindah dari negara Ratu Elizabeth tersebut, menyusul meningkatnya kasus Covid-19 di negara itu. Usulan itu telah dikeluarkan oleh perdana menteri Italia Mario Draghi.

Ada kemungkinan partai semifinal dan final yang akan dihelat di Stadion Puskas Arena, Budapest, Hungaria, mengingat stadion itu sudah bisa menampung penonton dalam jumlah yang maksimal. Apalagi persentase warga Hungaria yang sudah divaksin sudah mencapai lebih dari 50 persen di negara tersebut.

Pemerintah Inggris pastinya tidak ingin kehilangan kesempatan jadi tuan rumah pertandingan semifinal dan final. Maka dari itu, mereka pun saat ini sedang bernegosiasi dengan UEFA agar tidak memindahkan tempat pertandingan dari Wembley.

Bahkan pemerintah Inggris saat ini telah menaikkan kapasitas maksimal stadion di tengah pandemi virus corona, dari awalnya yang hanya boleh 50 persen kapasitas, sekitar 45 ribu penonton, saat ini bisa menjadi maksimal 75 persen.

Wembley yang akan menjadi tuan rumah di fase grup hanya memperbolehkan 22.500 ribu penonton lalu naik ke 45 ribu penonton di dua pertandingan fase 16 besar.

Jika hal itu terlaksana maka ini jelas akan menjadi event olahraga dengan jumlah penonton terbesar se-Inggris Raya dalam 18 bulan terakhir, sejak pandemi virus corona menyerang negara tersebut.

“Ini jelas akan menjadi kabar yang sangat baik ketika akan banyak fans bisa menonton tiga pertandingan pamungkas Euro 2020 di Wembley,” ujar presiden UEFA Aleksander Ceferin di BBC Sport.

“Turnamen ini akan menjadi secercah harapan untuk meyakinkan orang-orang bahwa kita perlahan sudah mulai kembali ke kehidupan yang lebih normal dan ini adalah sebuah langkah yang sangat penting untuk menuju kesana,” sambungnya.

“Saya juga sangat berterima kasih kepada perdana menteri dan pemerintah Inggris yang telah bekerja keras untuk membuat kesepakatan ini dengan kami, untuk menyukseskan gelaran ini meskipun hanya di fase final yang akan terjadi di Wembley.” itu semua sudah menjadi langkah besar untuk kita semua.

Pemerintah Inggris yang kemungkinan akan melonggarkan aturan karantina bagi suporter luar negeri, dari awalnya 10 hari menjadi ditempatkan ke dalam buble. Selain itu para suporter juga harus menunjukkan bukti bahwa mereka telah divaksinasi penuh atau hasil tes negatif Covid-19.

Ini termasuk juga untuk para tamu undangan UEFA yang kabarnya bisa mencapai 2.500 orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *