Warisan Abadi Roman Abramovich Selama 19 Tahun di Chelsea

Roman Abramovich. Sumber foto: bola.okezone.com

Indonewsdaily.comRoman Abramovich mengakhiri kepemilikan Chelsea yang dia pegang selama 19 tahun. Taipan Rusia meninggalkan warisan abadi di Stamford Bridge.

Abramovich mengumumkan penjualan Chelsea, Kamis (3/3/2022). Raja minyak Rusia itu ingin melepas Chelsea senilai 3 miliar pound (Rp 57,6 triliun).

Penjualan Chelsea merupakan imbas dari perang Rusia vs Ukraina. Abramovich diklaim berada dalam lingkaran Presiden Rusia, Vladimir Putin, sosok yang dianggap bertanggung jawab atas perang saat ini.

Roman Abramovich ditambahkan ke daftar merah Pemerintah Inggris dan asetnya terancam dibekukan, salah satunya adalah kepemilikan Chelsea. Dia awalnya memilih untuk mengundurkan diri dari manajemen, hingga akhirnya dia memutuskan untuk meninggalkan Stamford Bridge dan menjual klub tersebut.

Abramovich membeli Chelsea dari Ken Bates seharga 140 juta pound pada 2003. Klub London itu menjelma menjadi raksasa Inggris dan Eropa.

Menurut The Sun, Abramovich telah menghabiskan lebih dari £2 miliar pengeluaran untuk pemain Chelsea selama 19 tahun terakhir. Romelu Lukaku menjadi pembelian termahal, yakni 97,5 juta pounds saat didatangkan dari Inter Milan pada musim panas lalu.

Uang Abramovich berhasil mengubah Chelsea dari tim biasa-biasa saja menjadi raksasa Inggris dan Eropa. The Blues telah memenangkan Liga Premier lima kali dan memenangkan Liga Champions dua kali di bawah Abramovich.

Chelsea memainkan 1087 pertandingan dengan Abramovich sebagai pemilik klub. Chelsea memenangkan 660 pertandingan, imbang 237, kalah 190 dan mencetak 2.049 gol.

Di satu sisi, Abramovich sangat menuntut manajer tim untuk bisa berprestasi. Ia tak segan-segan memecat pelatih yang dinilai gagal mendongkrak performa The Blues.

Secara keseluruhan ada 13 manajer yang ditandatangani selama era Abramovich. Jose Mourinho dan Guus Hiddink dipecat dua kali, sedangkan pelatih seperti Carlo Ancelotti, Antonio Conte dan Maurizio Sarri memilih mundur sebelum dipecat.

Sebanyak 21 trofi diraih Chelsea sejak Roman Abramovich menjadi bos besar di Stamford Bridge. Gelar-gelar ini adalah warisan abadinya bagi The Blues dan para penggemar.

 

Piala Chelsea di Era Roman Abramovich:

5 trofi Liga Inggris

5 trofi Piala FA

3 trofi Piala Liga Inggris

2 piala Community Shield

2 trofi Liga Champions

2 trofi Liga Europa

1 trofi Piala Super Eropa

1 trofi Piala Dunia Antarklub.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *