Ketahui Ini 4 kebiasaan yang Dapat Membuat Sistem Imun Tubuh Turun

Indonewsdaily.com – Ditengah pandemi Covid-19 yang tengah melonjak ini kita diharuskan menjaga kesehatan, para ahli kesehatan juga mengingatkan kita agar meningkatkan imun tubuh. Imun tubuh yang baik dipercaya bisa mencegah Anda terinfeksi virus ini. Namun beberapa kebiasaan yang kita lakukan, tanpa disadari dapat membuat sistem imun tubuh menurun.

Berikut empat faktor penyebab daya tahan tubuh atau imun menurun yang sering disepelekan, sebagaimana dilansir dari Health Line ?

1. Kurang tidur

Jika kamu kurang tidur maka seluruh tubuhmu akan menderita. Tidur merupakan komponen utama dari hidup yang sehat, bahagia dan produktif.

Tidur memberi kesempatan pada sel sel saraf di otak membuat koneksi yang baru. Tidur juga mengembalikan energi tubuh yang terpakai selama seharian.

2. Stres

Secara umum, stres itu bagus untuk tubuh, minimal bisa memotivasi diri menghadapi tantangan yang ada.

Saat stres terjadi peningkatan produksi hormon adrenalin sebagai tanggapan atas tantangan yang dihadapi tubuh dari luar.

Namun, jika stres berlangsung lama dan berat, maka tubuh akan terasa lebih cepat menua. Selain itu, stres kronis juga akan menimbulkan banyak masalah kesehatan.

3. Malas bergerak

Wajib tahu, malas bergerak adalah awal dari banyak masalah termasuk masalah kesehatan. Bahkan kemalasan dalam bergerak dapat berujung kematian, demikian kata beberapa studi.

Kebanyakan duduk membuat otot rangka pada bagian bawah tubuh tidak aktif sehingga memberikan efek negatif pada metabolisme tubuh.

Tidak ada kata terlambat untuk berubah, segera bangkit dan bergerak, jangan terlalu banyak duduk.

4.Kecanduan alkohol

Bila kamu bisa menghindari minuman beralkohol, merokok dan narkoba maka tubuhmu akan sangat berterima kasih. Zat-zat berbahaya ini dapat merusak tubuh lebih cepat daripada yang kamu bayangkan.

Hanya 15 menit merokok sudah dapat merusak DNA, demikian menurut studi yang dipublikasikan dalam Chemical Research in Toxicology.

Nah sudah tau bukan apa saja kebiasaan sehari-hari yang dapat membuat sistem imun tubuh menurun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *